hope you enjoy my blog :D


Pasal 32, 33, 34 dan implementasinya

Pasal 32

Pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia.

Pemerintah Indonesia kurang memperhatikan budaya Indonesia saat ini. Banyak budaya daerah yang akhirnya punah karena tidak ada yang mewarisinya lagi. Westernisasi menyebar dengan cepat di bangsa kita sekarang ini. Beberapa masyarakat Indonesia yang sadar akan situasi ini langsung mengambil langkah cepat. Mereka kemudian mendirikan komunitas kkomunitas yang mencintai suatu kebudayaan dan menyebarkanya ke public.

Pemerintah juga dirasa kurang dalam mengalokasikan dana untuk memajukan kebudayaan Indonesia. Seperti mengajukan hak cipta untuk budaya Indonesia. Banyak kebudayaan Indonesia yang sudah diambil oleh masyarakat asing karena tidak adanya hak cipta. Pemerintah sangat lambat dan berfikir terlalu lama dalam mengambil langkah untuk memajukan kebudayaan nasional Negara kita ini. Jika pemerintah terus seperti ini, kita tidak akan mempunyai kebudayaan apapun lagi.

Setelah banyak dorongan public bermunculan, protes protes yang di gaungkan masyarakat untuk membuat hak cipta barulah pemerintah mengambil langkah kecil ke depan. Ya, hanya langkah kecil. Hanya beberapa hak cipta, namun masyarakat merasa kurang. Mereka terus mendorong pemerintah untuk mempatenkan budaya mereka.

Pasal 33

(1) Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.

Jadi untuk membangun perekonomian yang baik harus dilakukan secara bersama sama dengan musyawarah agar tidak terjadi kesenjangan social dan pemerataan pada masyarakat. Dalam hal ini semua aspek berperan untuk saling membantu.

(2) Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.

Memang benar produksi besar yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara. Memang perusahaan besar yang penting dipegang oleh Negara. Seperti Pertamina, PDAM dan TELKOM. Tapi coba kita lihat. Banyak saham perusahaan perusahaan tersebut yang dijual kepada swasta. Banyak juga ornag asing yang membeli saham perusahaan perusahaan tersebut. Hingga keuntungaan yang diperoleh bangsa pun dibagi kepada orang asing. Dalam hal ini pemerintah berarti tidak sepenuhnya menguasai cabang produksi yang menguasai hajat hidup orang banyak.

(3) Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Seharusnya pemerintah lebih memperhatikan kesejahteraan rakyat. Bukanya mengumpulkan harta untuk diri sendiri dan keluarganya. Pemerintah mungkin belum mengerti arti pasal diatas. Mereka lebih mementingkan dirinya sendiri. buktinya banyak dari pemerintah yang kaya dalam sekejab karena naik jabatan, ini membuktikan bahwa mereka memperkaya diri sendiri dengan kekayaan alam yang seharusnya dipergunakan oleh rakyat. Menurut saya pengamalan pasal ini belum maksimal.

Pasal 34

Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara.

Alam maksudnya? Atau jalanan? Dimana anak terlantar yang dipelihara oleh negara? Di kolong jembatan? Tidur beralaskan pasir dan beratapkan langit? Saya rasa pasal ini sangat sedikit di amalkan oleh Negara kita tercinta ini. Dari yang terlihat, anak anak terlantar biasanya dirawat oleh LSM dan penyumbangnya dari masyarakat. Mungkin ada yang dari pemerintah. Namun sangat sedikit.

Pemerintah memang sudah menyediakan program BLT (bantuan langsung tunai) kepada orang yang dibawah garis kemiskinan. Bagaimana dengan yang ada di garis kemiskinan? Menurut saya program ini cukup membantu. Tapi saya yakin akan lebih efektif jika membuat perusahaan padat karya. Jadi orang orang yang kurang mampu dapat bekerja kecil kecilan dan tidak hanya bergantung kepada pemerintah. Ketergantungan pada pemerintah membuat mereka cenderung malas untuk berpikir dan berusaha. Pemerintah juga sebaiknya teliti dalam melihat calon penerima BLT.

1 comments:

Anonymous said...

:) :D :O :r :( ;) :P :| :$
:~ 8| 8) :k :@ :L :v :d :f
:c :o :b :e :i :h :rainbow :et
:angel :brow xP :party :tone xD
:fire :ice >.< :mj :/ ^_^ o_O
:vD :|| \m/ :tup :tdown :star :robot
:kitten <3 <\3

Post a Comment

thanks

soviaavi. Powered by Blogger.

find it

Loading...
Back to Top